STRATEGI PEMASARAN JAGUNG PADA KELOMPOK TANI MEKAR DI KECAMATAN MAPANGET KOTA MANADO

Penulis

  • Jenneke Maasi Universitas Pembangunan Indonesia
  • Imran Pombode Universitas Pembangunan Indonesia

Abstrak

Jagung merupakan salah satu tanaman yang cukup penting bagi kehidupan manusia khususnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan jagung adalah komiditi tanaman pangan kedua setelah padi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor internal yang terdapat pada kelompok tani mekar untuk kekuatan antara lain: Aksesibilitas yang baik, Jenis jagung yang dibudidayakan, Kelemahan yang dimiliki pelaku usaha: Persaingan harga antar petani Kurangnya Inovasi. Faktor eksternal yang terdapat pada kelompok tani mekar untuk peluang antara lain: Memanfaatkan Teknologi dalam pemasaran, Dukungan Pemerintah Kecamatan Mapanget, dan Dukungan Dinas Pertanian Kota Manado. Faktor ancaman antara lain: Harga jagung terus menurun dan Harga pupuk terus naik. Bentuk strategi pemasaran jagung kelompok tani mekar di kecamatan mapanget menggunakan Strategi S O (Strength and Opportunities). Adapun Strategi SO yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Penggunaan internet untuk pemasaran dapat membantu peningkatan penjualan jagung serta di tunjang dengan kemudahan akses penjualan jagung ke pasar maupun industri pengolahan jagung. Serta Dukungan pemerintah kecamatan mapanget dan dinas pertanian kota manado akan kebutuhan bibit unggul dan pupuk sangat membantu kelompok tani mekar

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-31