ANALISA KINERJA PEMERINTAH KECAMATAN DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO
Abstrak
Dalam mewujudkan tata kelola pemerintaha yang baik, maka unsur kinerja aparat menjadi penentu utama. Kinerja merupakan suatu cara kerja aparatur sipil negara dalam menyelesaikan setiap tugas pokok dan fungsinya yang dibebankan oleh negara untuk mencapai tujuan sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan oleh instansi tertentu. Penelitian ini dilakukan di Kantor Camat Malalayang Kota Manado, tujuannya adalah untuk mengukur dan mengetahui kinerja pegawai di Kantor Camat Malalayang Kota Manado. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kinerja pegawai dengan berpatokan pada beberapa unsur penilain kinerja seperti; prosedur pelayanan; persyaratan pelayanan; kedisiplinan petugas pelayanan; tanggungjawab petugas pelayanan; kecepatan pelayanan; keadilan pelayanan; kesopanan dan keramahan petugas pelayanan; serta jadwal pelayanan, masih rendah. Pada kesempatan ini penulis menyarankan agar pegawai dapat lebih meningkatkan kinerjanya agar lenih baik. Pemimpin perlu menerapkan tindakan nyata seperti pemberian reward and punishment bagi para pegawai yang ada di Kantor Camat malalayang Kota Manado dengan tujuan memberi motivasi dan meningkatkan kinerja pegawai yang secara langsung berdampak pada terciptanya pelayanan prima bagi masayrakat.